Latest News

Selasa, 06 Juni 2017

Menu Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa


Menjalani puasa memang menjadi tantangan tersendiri. Setelah sehari menahan lapar, tentu saat berbuka puasa ingin menyantap makanan yang menggugah selera. Banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang tidak terkontrol akan membuat kondisi tubuh menurun.
Kau akan terkena penyakit maag atau sakit kepala jika makanan yang kamu makan tidak bergizi. Selama menjalankan ibadah puasa, kamu sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan di bawah ini agar kesehatanmu terjaga. Berikut menu makanan sehat saat berbuka puasa yang bisa kamu jadikan santapanmu.

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan cairan karena saat puasa cenderung kurang minum. Sembelit atau susah BAB merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul di bulan puasa. Untuk mencegahnya, kebutuhan serat harus dipenuhi lewat sayur dan buah-buahan. Makanan kaya serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama, dan dapat mencegah lonjakan asam lambung. Sayur dan buah pun mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia lain yang diperlukan oleh tubuh.













Sayur dan buah [ Image Source ]

Dibandingkan mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah-buahan tertentu, cobalah untuk mengkombinasikan atau memvariasikan menu agar gizi yang diserap tubuh juga beragam. Kurangi buah dan sayur yang merangsang produksi gas seperti kol dan kubis. Sayuran hijau selain kaya akan karbohidrat, juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaanmu dan harus selalu tersedia saat menghidangkan makanan buka puasa dan sahur.

2. Jangan Minum Air Es

Sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung jika kamu langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.












Jangan minum es [ Image Source ]

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh terlebih lagi sangat cocok untuk dijadikan menu dalam buka puasa. Kamu dapat mengkombinasikan antara kacang-kacangan dengan sayuran sehat ke dalam menu buka puasa.













Kacang-kacangan [ Image Source ]

Sumber makanan seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein membantu untuk penyesuaian tubuh sebelum mengonsumsi makanan berat lainnya.
Baca Selengkapnya disini

1 komentar:

  1. wah ane udah mengerti sekarang fakta manfaat puasa senin kamis ,apa itu benar" asli gan???. Ane catat ya di buku pr sekolah hehe ^_^

    BalasHapus

Find Us On Facebook