Latest News

Rubrik
Trip Destinasi

Filosotrip Top 5

Budaya

Sejarah

Kuliner

Recent Posts

Selasa, 06 Juni 2017

Menu Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa


Menjalani puasa memang menjadi tantangan tersendiri. Setelah sehari menahan lapar, tentu saat berbuka puasa ingin menyantap makanan yang menggugah selera. Banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang tidak terkontrol akan membuat kondisi tubuh menurun.
Kau akan terkena penyakit maag atau sakit kepala jika makanan yang kamu makan tidak bergizi. Selama menjalankan ibadah puasa, kamu sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan di bawah ini agar kesehatanmu terjaga. Berikut menu makanan sehat saat berbuka puasa yang bisa kamu jadikan santapanmu.

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan cairan karena saat puasa cenderung kurang minum. Sembelit atau susah BAB merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul di bulan puasa. Untuk mencegahnya, kebutuhan serat harus dipenuhi lewat sayur dan buah-buahan. Makanan kaya serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama, dan dapat mencegah lonjakan asam lambung. Sayur dan buah pun mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia lain yang diperlukan oleh tubuh.













Sayur dan buah [ Image Source ]

Dibandingkan mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah-buahan tertentu, cobalah untuk mengkombinasikan atau memvariasikan menu agar gizi yang diserap tubuh juga beragam. Kurangi buah dan sayur yang merangsang produksi gas seperti kol dan kubis. Sayuran hijau selain kaya akan karbohidrat, juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaanmu dan harus selalu tersedia saat menghidangkan makanan buka puasa dan sahur.

2. Jangan Minum Air Es

Sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung jika kamu langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.












Jangan minum es [ Image Source ]

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein yang juga dibutuhkan oleh tubuh terlebih lagi sangat cocok untuk dijadikan menu dalam buka puasa. Kamu dapat mengkombinasikan antara kacang-kacangan dengan sayuran sehat ke dalam menu buka puasa.













Kacang-kacangan [ Image Source ]

Sumber makanan seperti kacang-kacangan yang kaya akan protein membantu untuk penyesuaian tubuh sebelum mengonsumsi makanan berat lainnya.
Baca Selengkapnya disini

Jumat, 02 Juni 2017

Libur Lebaran di Jakarta? Siapa Takut!

Buat kamu yang tak punya kampung halaman, jangan susah hati! Dengan mengosongnya Jakarta, kamu bisa menikmati sisi lain Jakarta, lho! Jakarta yang biasa isinya hanya macet dan polusi, bisa jadi tempat wisata yang gak kalah asiknya. Daripada macet-macet ke Puncak, mending di Jakarta saja! Ingat, Jakarta ngga setiap hari kosong!


1. Monumen Nasional


Sumber foto: aktual.com

Sebagai warga tulen Jakarta, setelah (mungkin) berpuluh-puluh tahun tinggal di Jakarta, pernahkah kamu ke Monas? Kalau pernah, pernah coba naik ke atas belum? Kalau belum, ini kesempatan kamu! Monas di hari libur biasa sebenarnya sering juga dipenuhi turis mancanegara, lho! Masa kalah sama turis?


2. Keliling Jakarta Dengan Bus


Sumber foto: jakarta-tourism.go.id

Kamu pernah lihat bus yang bertingkat yang tulisannya Enjoy Jakarta itu? Sudah pernah cobain belum? Kalau belum, Lebaran ini waktunya! Di hari Minggu biasa, umumnya bus-bus ini ramai, tapi kalau Lebaran pasti sepi-sepi manja.


3. Nonton
Oke, mainstream sih memang. Tapi kamu yang selama ini sibuk kerja pasti sudah banyak ketinggalan film-film yang lagi diputar. Kalau biasanya kamu malas mengantri, Lebaran ini dijamin antriannya pendek!


4. Cobain Kafe Kekinian


Sumber foto: pegipegi.com

Coba cek apakah kafe kekinian yang sering kamu lihat di Instagram itu libur saat Lebaran besok. Siapa tau ada yang buka. Misalnya kafe kucing kekinian yang di Kemang itu.. Kapan lagi menjelajah dengan santai tempat-tempat pelosok yang biasanya macet itu?


5. Museum dan Kota Tua


Sumber foto: kartikariani.wordpress.com

Sudah main ke Museum lagi belum setelah lulus sekolah? Kalau belum, coba untuk mengingat pelajarannya kamu datangi museum-museum di Jakarta. Psst, beberapa museum bisa jadi tempat yang instagrammable banget loh! Misalnya seperti Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri. Selain itu kamu juga bisa main ke Kota Tua, dijamin tidak seramai biasanya!


6. Sunset di Rooftop


Sumber foto: tripwisatamurah.com

Iya, kamu gak salah baca! Kamu bisa pilih kafe-kafe atau restoran seperti Hause Rooftop, SHY di The Papilion, Karumba Rooftop, atau SKYE Bar, atau bisa juga main ke kantor kamu dan cari ijin main ke rooftop sama satpamnya! Kalau perlu ajak Pak Satpam merokok di atas. Biar ala-ala New York gitu. Jangan lupa pilih hari yang cerah agar sunsetnya bagus ya.


7. Jalan Sudirman dan sekitarnya


Sumber foto: fimela.com

Yang satu ini agak bahaya sih. Tapi boleh dicoba. Pernah punya obsesi foto ala The Beatles yang lagi nyebrang? Nah, INI DIA MOMENNYA! Kapan lagi foto centil di jalanan Jakarta yang sepi. Bisa jadi memori sepanjang masa, sekali seumur hidup! Tapi ingat, tetap hati-hati ya, misalnya fotonya hanya pas lagi lampu merah saja atau pas hari Minggu (saat Car Free Day).


8. Kalijodo atau Taman Kota Lainnya


Sumber foto: 99.co

Penasaran mau lihat taman-taman kota yang sudah dibagusin itu? Ini juga momennya! Siapa tau kamu bisa ajak gebetan kamu buat sok-sok olahraga.


9. KRL


Sumber foto: blibli.com

Memang menabjubkan bagaimana beberapa orang belum pernah mencoba naik KRL. Padahal naik KRL itu enak banget sob! Kalau sepi sih. NAH. Keliling kota naik KRL, kenapa nggak? Murah meriah, tanpa macet (ya iya emang lagi sepi juga sih), dan bebas desak-desakan! Psst, beberapa stasiun layak banget loh buat jadi tempat mejeng di Instagram. Coba kamu ke Stasiun Tanjung Priok atau Stasiun Kota. Foto #OOTD di dalam gerbong atau foto ala drama korea juga oke loh kalo lagi sepi ;)


10. Main ke Pulau Seribu


Sumber foto: tripadvisor.com

Kalau Jakarta sudah benar-benar membosankan buat kamu, coba deh kamu cari open trip atau travel yang buka trip untuk ke Kepulauan Seribu. Kamu bisa coba camping di pulau tidak berpenghuni (dan tidak berlistrik! Bisa lihat bintang, gan!) di Pulau Perak atau Pulau Air, atau kamu bisa main-main dengan watersport di Pulau Harapan atau Pulau Tidung. Kalau budget kamu lebih, kamu bisa main ke resor kelas dunia di Pulau Macan, Pulau Umang, atau Pulau Ayer.

BONUS
Sekedar tips aja nih buat yang dari luar kota kalau mau main ke Jakarta, atau  yang jangan-jangan kampungnya ya di Jakarta, kalau untuk wisata kuliner, mimin bilang sih Lebaran itu momennya kurang ya. Sebab tenaga kerja banyak yang pulang, jadi tempat makan banyak yang tutup karena kekurangan orang. Tapi coba aja ditelpon dulu untuk info, siapa tau buka.

Rabu, 31 Mei 2017

Tempat Ngabuburit Yang Asik Di Kota Gudeg


Tradisi yang tidak pernah ditinggalkan oleh umat muslim yang berpuasa adalah fenomena ngabuburit atau melakukan kegiatan sebelum buka puasa dan buka puasa bersama. Dimulai dari menjamurnya aktivitas ngabuburit di berbagai pusat kuliner disetiap pelosok kota sampai buka bersama di masjid. Buka puasa bersama seperti menjadi ajang reuni, diskusi dan kumpul bareng.
Daripada di rumah terus dan tidak ada kegiatan, lebih baik kamu mencoba untuk jalan-jalan disekitar Jogja. Ada beberapa kawasan yang biasa dijadikan tempat ngabuburit yang bisa kamu lakukan dengan teman-teman atau keluargamu. Berikut ini beberapa tempat ngabuburit di Jogja yang seru untuk kamu kunjungi saat berpuasa.

1. Jalur Gaza

Mungkin kedengarannya menyeramkan, namun jalur gaza ini mempunyai kepanjangan yaittu jajanan lauk sayur gubuk ashar zerba ada. Di area sepanjang jalan ini kamu akan mendapatkan berbagai aneka macam menu kuliner yang murah meriah untuk berbuka puasa.
Jalur gaza [ Image Source ]

2. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Berada di daerah Mantrijeron, kampung ini memiliki berbagai kegiatan di sepanjang gelar yang menuju ke arah masjid jogokaryan. Kamu juga bisa menemukan berbagai kuliner serta beragam barang lainnya yang merupakan hasil olahan dari masyarakat setempat. Kampung ini juga biasanya menggelar lomba adzan tingkat DIY dan juga jawa tengah.
Kampung ramadhan jogokaryan [ Image Source ]

3. Kampung Ramadhan Kauman

Kawasan ini tentu sudah tidak asing lagi untuk warga Jogja dan sekitarnya. Kampung yang lokasinya sangat strategis ini berada disebelah barat Jogja dan sudah cukup terkenal sejak lama dengan kampung peradaban islam.
Kampung ramadhan kauman [ Image Source ]
Kamu bisa menemukan aneka macam jajanan pasar tradisional dan juga minuman untuk buka puasa, selain itu kamu juga bisa melanjutkan aktivitas ngabuburit dengan berjalan-jalan dan melihat keindahan di alun-alun kota, taman sari dan sekitarnya.

4. Glagah Sari

Pasar ini juga tak kalah menggembirakan. Pasar dadakan ini selalu muncul di kawasan Glagah Sari ketika bulan Ramadhan tiba. Tak jauh beda dari kampung-kampung Ramadhan lainnya, kawasan ini juga akan menjumpai aneka ragam makanan khas Ramadhan yang bisa kamu santap sebagai menu berbuka puasa. Kawasan ini juga kerap menjadi lokasi favorit bagi para mahasiswa yang ingin ngabuburit.
Glagah sari [ Image Source ]

5. Bukit Bintang

Lokasi yang bisa kamu datangi untuk ngabuburit yaitu Bukit Bintang. Meskipun tempat ini tak banyak orang yang menjual jajanan khas Ramadhan, namun kamu akan dimanjakan dengan suasana pemandangan yang sangat cantik dan indah. Kamu akan melihat seribu kunang-kunang di bumi Yogyakarta.
Bukit bintang [ Image Source ]

6. Sepanjang Jalan Kaliurang

Jalan kaliurang adalah lokasi untuk ngabuburit berikutnya. Kawasan ini kamu bisa menemukan berbagai macam makanan khas Ramadhan yang dijajalan oleh pedagang kaki lima. Kamu bisa mampir atau sekalian berburu takjil jika kebetulan kamu melewati kawasan tersebut. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern pun bisa kamu dapatkan di sini.
Sepanjang jalan kaliurang [ Image Source ]
Lagi-lagi kita bisa menemukan keragaman Indonesia. Begitu banyak ciri khas yang bisa kita temui di negara ini. Kamu bisa mendatangi satu persatu tempat-tempat tersebut selama bulan Ramadhan. Kamu tentu sudah menyiapkan jadwal untuk membuat kegiatan ngabuburitmu menyenangkan bersama keluarga atau temanmu.
Oke itu tadi beberapa tempat ngabuburit yang bisa kamu kunjungi jika kamu ingin melakukan kegiatan ngabuburit. Kamu juga harus menahan nafsumu karena disana akan tersedia banyak sekali makanan khas Ramadhan yang lezat. Selamat menunggu beduk. Semoga bermanfaat..
Galeri Foto & Video

Find Us On Facebook