Latest News

Rubrik
Trip Destinasi

Filosotrip Top 5

Budaya

Sejarah

Kuliner

Recent Posts

Kamis, 30 Maret 2017

Kuliah di 6 Jurusan Ini Bisa Membawamu Traveling Gratis


Siapa bilang kuliah hanya fokus dengan deadline tugas atau ujian akhir? Wah, kamu wajib tahu jika ngampus tidak selalu soal mendengarkan dosen menyampaikan materi. Tapi, juga menjadi waktu yang tepat untuk liburan gratis. Kok bisa? Ternyata ada loh beberapa jurusan yang memungkinkan kamu jalan-jalan sambil kuliah. Tentu saja bakal menjadi pengalaman yang indah di saat kamu lulus nanti. Nah, jurusan apa saja yang dapat memberikan kamu kesempatan itu? Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

1. Jurusan Pariwisata


Juruasan Pariwisata [image source]
Mau liburan gratis sekaligus mendapatkan banyak ilmu? jurusan pariwisata tempatnya. Kamu bukan hanya belajar di kelas, tapi juga praktek ke beberapa destinasi hingga hotel untuk mengetahui teknik bisnis pariwisata.

Juruasan Pariwisata [image source]
Mulai dari survey harga tiket masuk objek wisata hingga biaya penginapan menjadi salah satu materi yang didapatkan mahasiswa jurusan tersebut. Lumayan kan, bisa belajar sekaligus liburan tanpa merogoh kocek lebih?

2. Jurusan Seni


Juruasan Seni [image source]
Bukan hanya pariwisata yang akan memberikan kesempatan besar untuk liburan tanpa bayar. Jurusan Seni pun bisa membawa mahasiswanya menikmati wisata luar negeri gratis. Buktinya, banyak loh perwakilan kampus yang berhasil tampil memuaskan ribuan pecinta seni di berbagai belahan dunia.



Juruasan Seni [image source]
Sayangnya, untuk dapat jalan-jalan gratis seperti ini bukanlah perkara yang mudah. Kamu harus memiliki kemampuan agar pantas dikirim ke beberapa event. Senang kan traveling gratis sekaligus bakatnya dilihat orang?

3. Jurusan ilmu Komunikasi


Liburan sambil liputan [image source]

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan favorit banyak lulusan SMA yang akan masuk jenjang perguruan tinggi. Bagaimana tidak, industri kreatif yang siap merangkul lulusan Ilmu Komunikasi cukup banyak loh.

Ilmu Komunikasi [image source]
Bukan hanya soal berkomunikasi, jurusan satu ini juga memberikan kesempatan bagi kamu yang suka jalan-jalan. Yap, tentu saja saat tugas jurnalisme atau peliputan! Nah, tertarik kan untuk masuk jurusan Ilmu Komunikasi?

4. Jurusan Arkeologi


Peninggalan bersejarah [image source]
Kamu yang hobi traveling dan menjelajah bangunan bersejarah, tentu tahu kan apa jurusan yang cocok untukmu? Jawabannya tidak lain adalah Arkeologi. Salah satu jurusan yang mempertemukan kamu dengan berbagai peninggalan di masa lalu.


Peninggalan bersejarah [image source]
Di jurusan satu ini, kamu bukan hanya berkunjung ke perpustakaan atau mendengarkan materi dari dosen di kelas saja. Tapi kamu juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti candi hingga situs purbakala yang memiliki keunikan tersendiri. Tentu saja tanpa mengeluarkan uang yang lebih.

5. Jurusan Antropologi


Kebudayaan [image source]
Traveling bukan hanya sekedar foto-foto, jalan dan makan. Tapi, bagi yang sudah sering jalan-jalan bakal mengetahui satu pengalaman yang tidak akan mudah untuk didapatkan. Ialah mempelajari ilmu budaya yang ada di masyarakat.

Kebudayaan [image source]
Nah, jika kamu tertarik dengan budaya, jurusan Antropologi sangat cocok untukmu. Selain dapat liburan gratis, kamu juga bisa meneliti di lapangan mulai dari budaya hingga tradisi yang sudah berabad-abad di anut oleh masyarakat.

6. Jurusan Arsitektur


Arsitektur [image source]
Satu lagi jurusan yang dapat membawamu keliling kota bahkan Indonesia saat masih menjadi mahasiswa adalah Arsitektur. Jurusan satu ini biasanya mewajibkan kamu untuk melakukan survey dari satu gedung ke gedung lainnya, bahkan bisa ke luar negeri.


Arsitektur [image source]
Tentu saja lumayan kan mengerjakan tugas dengan jalan-jalan. Pun bisa liburan sambil belajar, tentu saja laporan dari survey tersebut bisa menjadi beban setelah traveling.
Tentu saja pasti menyenangkan bisa jalan-jalan tanpa mengeluarkan banyak uang sekaligus kuliah. Pun demikian, tentu saja tumpukan tugas bakalan menanti kamu usai liburan. Well, namanya juga kuliah, pasti ada tanggung jawab yang harus kamu selesaikan.

5 Lukisan yang Punya Kisah Mistis. Rasakan Aura Kelam dan Seram di Balik Lukisan Ini!


Ngerti seni atau enggak, semua orang tetap bebas memberi makna dan penafsiran pada sebuah karya lukis. Melalui lukisan, seorang seniman juga bebas menuangkan ide dan perasaannya ke dalam bentuk gambar. Ada yang berupa pemandangan alam, perempuan, hingga lukisan yang menyimpan aura mistis. Waduh, yang gimana tuh? Berikut ada delapan lukisan yang dikenal menyeramkan, baik yang terdapat di Indonesia maupun luar negeri sana. Sebelum lanjut bacanya, di kanan kirimu ada lukisan yang sedang melihat ke arahmu nggak?

1. Lukisan Nyi Roro Kidul di sebuah kamar Samudra Beach Hotel. Untuk membuktikan mitos ini, silahkan menatapnya selama 15 menit. Ada apa-apa ditanggung sendiri lho ya


legenda ini bakal tetep abadi entah hingga kapan via velayatriders.files.wordpress.com
Silahkan percaya atau enggak dengan misteri dari lukisan Nyi Roro Kidul yang ada di Samudra Beach Hotel, Kota Sukabumi, kamar nomor 308. Menurut kesaksian beberapa tamu hotel yang pernah singgah di kamar itu, setiap menatap lukisan selama 15 menit, mereka merasakan ada sesuatu yang hadir dan diikuti oleh aroma bunga melati selama beberapa detik. Ada juga sebagian yang mengatakan melihat sekelebatan kain hijau dan mendengar suara ombak pantai selatan. Hingga saat ini, lukisan itu masih bertahan di ruangan dan masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan.

2. Lukisan Seram Oey Hui Lan di sebuah ruangan Hotel Tugu, Malang. Kalau kamu mengaku pecinta tantangan, sok cobain menatap mata Hui Lan


tatap mata saya, dan kita akan bertemu di alam mimpi : via halomalang.com
Lukisan yang satu ini berasal dari abad 19. Merupakan gambar lukisan seorang wanita keturunan China yang juga anak dari Qey Tiong Ham (orang terkaya Asia Tenggara saat itu). Kamu bisa mendapati lukisan seram ini di The Sugar Baron Roomyang ada di Hotel Tugu, Malang. Konon menurut cerita yang berkembang, kalau ada orang berani menatap mata Oey Hui Lan dalam waktu lama, maka dia akan dikunjungi oleh arwah saat menginap di kamar hotel. Cantik sih, tapi kalau udah mati ya ngapain ngajak ketemu di alam mimpi?

3. Lukisan Bung Karno di Blitar yang selalu nampak hidup. Siapapun yang melihat lukisan ini sambil memusatkan konsentrasi, akan mendapati kalau Bung Karno tak pernah mati


jinnya dulu itu ceritanya dia kalah gitu sama Bung Karno, lalu tunduklah dia hingga kini via manusialembah.blogspot.com
Menurut sejumlah orang yang pernah melihatnya, lukisan ini selalu nampak hidup. Siapapun yang melihat lukisan ini sambil memusatkan konsentrasi serta pandangan terarah penuh di bagian jantung Bung Karno, maka seketika bagian itu akan nampak berdetak, seperti layaknya orang yang sedang bernapas. Tentu saja banyak pengunjung yang heboh karena menyaksikan lukisan ini seperti hidup. Sejak saat itulah, lukisan ini selalu menjadi objek pertama yang didatangi pengunjung.
Menurut penjaga museum, di dalam lukisan ini berdiam sosok gaib bernama Jatoro Suro, sosok jin penunggu gunung Kelud yang telah ditaklukkan Bung Karno. Dulunya, sebelum ada lukisan tersebut, sosok jin penunggu lukisan itu bersemayam di dekat makam Bung Karno. Jin ini sangat setia pada Bung Karno, bahkan terkadang jin ini mengubah wujudnya menjadi sosok tuannya. Fenomena ini katanya sih asli, ya terserah kalau kamu mau cari bukti sendiri. Hihii…

4. Lukisan The Scream, sang pembawa kutukan kematian. Walau kamu suka anak-anak, tolong jangan mau bermain dengan anak kecil yang ada di lukisan ini ya..


ati-ati lho yaaaa via global.liputan6.com
Edvard Munch lah yang membuat gambar lukisan The Scream dengan begitu sederhana. Dia menampilkan sosok anak yang sedang berteriak ketakukan dengan ekspresi wajah menyeramkan. Menurut kabar yang beredar, dilarang menatap lukisan ini terlalu lama karena bisa mendatangkan teror dari sosok anak kecil yang berteriak ketakutan karena melihat sesuatu menyeramkan tadi. Kalau ngaku adrenalin junkie, cobalah menilik lukisan ini.

5. Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan, Cirebon. Sekian banyak wisatawan mencoba memotretnya, hasilnya sama saja, gelap.


ada sih yang berhasil motret, tapi kebanyakan nggak jadi via tribunnews.com
Konon katanya, lukisan yang terdapat di Keraton Kasepuhan yang berlokasi di Jl Jagasatru Cirebon ini begitu mistis dan menyeramkan. Mata dan jari kakinya bisa mengikuti ke arah mana pun kamu berdiri. Banyak pelukis yang bilang kalau itu adalah efek dari lukisan. Namun tak sedikit juga yang beranggapan, itu merupakan bentuk pengawasan dari lukisannya terhadap para pengunjung keraton.
Yang paling bikin bergidik sih, banyak wisatawan yang memotret lukisan ini dan hasilnya justru gelap. Lukisannya menggambarkan sosok Prabu Siliwangi, pemimpin Kerajaan Padjajaran pada sekitar abad ke-14 dan 15 ini didampingi seekor harimau. Katanya, dulu pernah ada seorang anak kecil yang kesurupan setelah tiba di rumah, sehabis berkunjung ke Keraton Kasepuhan dan melihat lukisan Prabu Siliwangi. Saat kesurupan, sang anak berbicara dengan bahasa Sunda dan suaranya amat wibawa. Diyakini itu adalah roh atau jin yang menyerupai Prabu Siliwangi. Apa nggak ngeri?

Mie Warna-Warni, Kuliner Malang Terbaru! Sudah Coba?


Malang memang bisa dibilang kota seribu kafe. Yap, bagaimana tidak, jalan-jalan di Malang sudut mana pun, kamu tidak akan kesusahan untuk menemukan tempat cantik, untuk sekedar menikmati kopi enak bersama teman kesayangan. Bahkan, makin banyak pemilik tempat yang sengaja mendesain interiornya dengan menunjukkan identitas kafe itu sendiri. Dan yang jelas, pasti instagramable.
Namun, apa gunanya interior cantik, jika makanan dan minumannya mengecewakan? Kita nggak duduk dan datang hanya untuk selfie, kan? Nah, coba main ke kafe yang satu ini. Selain pojokan-pojokannya Instagramble, makanannya juga nggak kalah bikin lidah bergoyang. Dan yang penting, murah meriah. Yuk, intip ada apa saja.

Mie Kolor Warna-Warni


Mie Kolor Pink Mikado (image source)
Pecinta mie wajib coba kudapan yang satu ini. Bukan mie ayam biasa, Mikado melabeli kuliner malang jawaranya ini dengan nama Mie Kolor. Mikado menyediakan mie kolor dengan 4 warna, yaitu hijau, ungu, pink, dan oranye. Duh, nggak kebayang ya mie dengan warna-warna gemes seperti itu? Nah, yang paling penting, pewarna dari mie-mie gemes tersebut dijamin sehat karena menggunakan sayur dan buah. Hijau dari sawi, ungu dari ubi, pink dari buah naga, dan oranye dari wortel. Yap, kamu wajib coba satu persatu untuk bisa merasakan sensasi nikmatnya di lidah. Ini mie ayam, tapi mereka menyajikan dengan kuah manis bakso, lengkap dengan pentolnya yang buatan sendiri. Berapa? 15 ribu saja. Serbu!

Mie Kolor Ungu Mikado (image source)

Candu, Kopi Campur Durian


Mocca Durian Mikado (image source)
Kafe yang menyediakan kopi enak di kota Malang ini sudah sangat menjamur. Kamu bisa menemukan 2 hingga 3 kafe dalam 100 meter saja. Namun, setiap kafe biasanya menyediakan satu menu andalan yang membuatnya berbeda dari kafe-kafe lainnya. Nah, Mikado menawarkan rasa unik dari CANDU. Apa itu? Candu merupakan minuman yang dibuat dari olahan biji kopi pilihan yang dicampur dengan durian. Hmmm, yang mengaku cinta durian, jangan sampai nggak coba, ya. Bagi yang nggak doyan kopi tapi penasaran, kamu bisa coba Chocolate atau Vanilla Durian. Rasanya nggak kalah nendang, kok!

CANDU Canda Durian Mikado (image source)

Sup Duren yang Nagih


Sop Durian Mikado (image source)
Durian masih menjadi bintang dari kafe yang satu ini. Selain berani mencampur buah dari surga ini dengan kopi, Mikado juga menawarkan SOP DURIAN yang kaya rasa. Dalam semangkuk Sop Durian, kamu juga akan mendapatkan 3 jenis buah lainnya, dan tentu saja daging durian Medan tanpa biji yang seger banget. Nggak cuma itu, Mikado juga menambahkan nata de coco, juga puding, dan yang terakhir, ICE CREAM! Hmmm, secara belakangan Malang sudah mulai sering panas, boleh nih kabur ke Mikado dan beri hadiah diri dengan semangkuk Sop Durian. Untuk yang nggak suka durian, ada Es Buah yang bisa kamu pilih. Macam buahnya banyak, dan segernya sama!

Es Buah Mikado (image source)

Taman Kecil Cantik yang Bikin Seger


Kafe Mikado Malang (image source)
Pemilik kafe ini rupanya pecinta tanaman. Kamu akan menemukan banyak hijau-hijauan di sudut manapun yang tampak sangat menawan saat berpadu dengan interior-interior kayunya. Bagusnya, ada banyak pojokan yang Instagramble. Kaktus-kaktus dengan warna-warna cantik banyak ditemukan di Mikado, juga tanaman lain yang bagus banget untuk properti selfiemu. Kamu bisa bebas pinjam pada pemiliknya untuk mempercantik foto-fotomu. Mereka super ramah. Tapi, namanya juga properti orang lain, harus hati-hati, ya.

Es Kopi Mikado (image source)

Horee, Wifi Kenceng!


Lembur di Mikado (image source)
Satu lagi yang balakangan ini selalu menjadi pertimbangan seseorang saat memilih tempat hang out, yaitu Wifi. Kamu nggak perlu khawatirkan hal itu di sini. Wifi di Mikado super kenceng. Jadi, kafe yang satu ini fixed cocok untuk dijadikan tempat kerja kelompok mengerjakan tugas kuliah, ataupun lembur-lembur lucu. Lumayan banget untuk mendapatkan suasana baru saat bekerja, kan? Apalagi kafe yang satu ini surganya makanan, juga minuman enak, dan nggak bikin kantong cekak. Jadi, jangan heran kalau suatu saat kamu bertemu teman yang dikenal yang sedang lembur juga. Bisa juga loh kenalan dengan pengunjung lainnya. Kerjaan beres, eh dapat teman baru juga. Seru, kan?

Kafe Mikado (image source)

Porsi Bahagia


Choco Banana Mikado (image source)
Ngaku, deh, pasti sering kecewa kan karena merasa tertipu foto pada menu? Eh, pas pesanannya datang, porsinya sedikit, atau bahkan nggak secantik fotonya. Wah, kamu tidak akan merasakan hal tersebut di sini. Seperti yang terlihat, foto-foto ini merupakan hasil jepretan pengunjung yang datang, lho. Jangan khawatir, selain rasa setiap makanan dan minumannya enak, porsinya juga sangat membahagiakan. Snack yang disediakan Mikado sangat beragam, salah satunya adalah Choco Banana ini. Nah, porsinya nyenengin banget, kan? Untuk yang nggak doyan kopi, ada pilihan lain yang sangat patut dicoba, yaitu Matcha Latte. Kamu akan dapat segelas besar seperti ini. Puas!

Matcha Latte Mikado (image source)
Nah, sudah lihat kan berbagai makanan dan minuman di Mikado? Kafe yang satu ini terletak di sekitaran kampus ABM, Malang. Nggak cuma deket kampus, harganya memang mahasiswa banget. Tiap hari mampir juga nggak bakalan bikin kamu bangkrut, nih. Pilih hari selain Jumat untuk kunjungi Mikado, ya. Selamat mencoba!
Instagram: @mikado.id
Galeri Foto & Video

Find Us On Facebook