Latest News

Rabu, 31 Mei 2017

Tempat Ngabuburit Yang Asik Di Kota Gudeg


Tradisi yang tidak pernah ditinggalkan oleh umat muslim yang berpuasa adalah fenomena ngabuburit atau melakukan kegiatan sebelum buka puasa dan buka puasa bersama. Dimulai dari menjamurnya aktivitas ngabuburit di berbagai pusat kuliner disetiap pelosok kota sampai buka bersama di masjid. Buka puasa bersama seperti menjadi ajang reuni, diskusi dan kumpul bareng.
Daripada di rumah terus dan tidak ada kegiatan, lebih baik kamu mencoba untuk jalan-jalan disekitar Jogja. Ada beberapa kawasan yang biasa dijadikan tempat ngabuburit yang bisa kamu lakukan dengan teman-teman atau keluargamu. Berikut ini beberapa tempat ngabuburit di Jogja yang seru untuk kamu kunjungi saat berpuasa.

1. Jalur Gaza

Mungkin kedengarannya menyeramkan, namun jalur gaza ini mempunyai kepanjangan yaittu jajanan lauk sayur gubuk ashar zerba ada. Di area sepanjang jalan ini kamu akan mendapatkan berbagai aneka macam menu kuliner yang murah meriah untuk berbuka puasa.
Jalur gaza [ Image Source ]

2. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Berada di daerah Mantrijeron, kampung ini memiliki berbagai kegiatan di sepanjang gelar yang menuju ke arah masjid jogokaryan. Kamu juga bisa menemukan berbagai kuliner serta beragam barang lainnya yang merupakan hasil olahan dari masyarakat setempat. Kampung ini juga biasanya menggelar lomba adzan tingkat DIY dan juga jawa tengah.
Kampung ramadhan jogokaryan [ Image Source ]

3. Kampung Ramadhan Kauman

Kawasan ini tentu sudah tidak asing lagi untuk warga Jogja dan sekitarnya. Kampung yang lokasinya sangat strategis ini berada disebelah barat Jogja dan sudah cukup terkenal sejak lama dengan kampung peradaban islam.
Kampung ramadhan kauman [ Image Source ]
Kamu bisa menemukan aneka macam jajanan pasar tradisional dan juga minuman untuk buka puasa, selain itu kamu juga bisa melanjutkan aktivitas ngabuburit dengan berjalan-jalan dan melihat keindahan di alun-alun kota, taman sari dan sekitarnya.

4. Glagah Sari

Pasar ini juga tak kalah menggembirakan. Pasar dadakan ini selalu muncul di kawasan Glagah Sari ketika bulan Ramadhan tiba. Tak jauh beda dari kampung-kampung Ramadhan lainnya, kawasan ini juga akan menjumpai aneka ragam makanan khas Ramadhan yang bisa kamu santap sebagai menu berbuka puasa. Kawasan ini juga kerap menjadi lokasi favorit bagi para mahasiswa yang ingin ngabuburit.
Glagah sari [ Image Source ]

5. Bukit Bintang

Lokasi yang bisa kamu datangi untuk ngabuburit yaitu Bukit Bintang. Meskipun tempat ini tak banyak orang yang menjual jajanan khas Ramadhan, namun kamu akan dimanjakan dengan suasana pemandangan yang sangat cantik dan indah. Kamu akan melihat seribu kunang-kunang di bumi Yogyakarta.
Bukit bintang [ Image Source ]

6. Sepanjang Jalan Kaliurang

Jalan kaliurang adalah lokasi untuk ngabuburit berikutnya. Kawasan ini kamu bisa menemukan berbagai macam makanan khas Ramadhan yang dijajalan oleh pedagang kaki lima. Kamu bisa mampir atau sekalian berburu takjil jika kebetulan kamu melewati kawasan tersebut. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern pun bisa kamu dapatkan di sini.
Sepanjang jalan kaliurang [ Image Source ]
Lagi-lagi kita bisa menemukan keragaman Indonesia. Begitu banyak ciri khas yang bisa kita temui di negara ini. Kamu bisa mendatangi satu persatu tempat-tempat tersebut selama bulan Ramadhan. Kamu tentu sudah menyiapkan jadwal untuk membuat kegiatan ngabuburitmu menyenangkan bersama keluarga atau temanmu.
Oke itu tadi beberapa tempat ngabuburit yang bisa kamu kunjungi jika kamu ingin melakukan kegiatan ngabuburit. Kamu juga harus menahan nafsumu karena disana akan tersedia banyak sekali makanan khas Ramadhan yang lezat. Selamat menunggu beduk. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook