Latest News

Senin, 06 Maret 2017

PURA PAMUTERAN, KEINDAHAN BAWAH LAUT YANG HEBOHKAN DUNIA


Nama Bali sebagai destinasi wisata sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan dunia. Tidak hanya budaya yang masih terjaga keluhurannya, Bali dianugerahi pantai indah dengan gulungan ombak yang menakjubkan. Namun tak hanya sampai disitu saja, keindahan wisata bawah lautnya pun tak kalah memukau. Salah satunya adalah taman pura yang berada di dasar laut Pamuteran.

Sederet patung dewa-dewa Hindu terbaring rapi di dasar laut. Dilenkapi dengan gerbang kembar yang menjadi ciri khas pura-pura Hindu. Inilah tempat yang sempat menjadi kekaguman dunia interasional beberapa tahun lalu.



Pura bawah laut Pamuteran sempat menjadi objek perhatian dunia ketika berbagai fotonya beredar di dunia maya. Paul M. Turley mengunggah foto-foto ketika dirinya menyelam melalui akun sosial media Twitter. Taman pura Pamuteran ini lantas dikira pura bawah laut yang baru ditemukan kembali setelah hilang selama berabad-abad.

Namun sejatinya, pura bawah laut ini bukanlah peninggalan bersejarah. Taman ini sengaja didirikan untuk kepentingan konservasi. Umurnya pun masih belum mencapai dua decade.



Dilansir Hoax or Fact, pura bawah laut di Pamuteran adalah proyek yang dikerjakan oleh Reef Gardener pada tahun 2005. Penggagasnya adalah Chris Brown, seorang aktivis lingkungan asal Australia. Pria bule yang biasa dipanggil Pak Nyoman oleh warga lokal ini mengabdikan diri untuk upaya pelestarian kawasan Pamuteran dan sekitarnya.

Bersama warga setempat, Brown mengubah area seluas 2.500 meter persegi menjadi taman bawah laut. Dalam hitungan tahun, patung-patung yang 'ditanam' di sana sudah ditumbuhi terumbu karang, menjelma pura di dasar laut yang cantik.

Sekarang pura bawah laut Pamuteran dianggap sebagai salah satu titik penyelaman terbaik. Bahkan situs perjalanan internasional Lonely Planet merekomendasikan tempat ini sebagai tujuan wisata wajib di Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook