Latest News

Jumat, 10 Maret 2017

MADAKARIPURA, AIR TERJUN TERTINGGI KEDUA DI INDONESIA


Apabila anda sedang bepergian dan singgah di Taman Nasional Bromo Tenggere Semeru, jangan lewatkan untuk berkunjung ke air terjun tertinggi kedua di Indonesia yang bernama Madakaripura. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter lho!

Tinggi air terjun ini hanya kalah oleh pemegang peringkat pertama untuk air terjun tertinggi di Indonesia yaitu Air Terjun Sigura-gura di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara yang mempunyai ketinggian 250 meter.


Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, dan yang membuatnya special adalah karena air terjun ini terletak didalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kawasan Bromo Tengger Semeru sendiri sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan menjadi destinasi unggulan yang diprioritaskan pembangunannya.
Kawasan ini direncanakan menjadi 'Bali Baru' guna mendatangkan banyak wisatawan, baik wisman maupun wisatawan lokal.

Dibalik keindahannya, ternyata Madakaripura menyimpan sebuah cerita menarik. Konon, Mahapatih Gajahmada menjadikan lokasi ini sebagai tempat persemedian terakhirnya sebelum akhirnya moksa. Namun hingga ini, cerita ini belum dapat dipastikan kebenarannya.



Akan tetapi, apabila anda telah berkunjung ke lokasi air terjun ini, mungkin juga cerita akan Patih Gajahmada tersebut benar adanya. Mengingat situasi disekitar Madakaripura yang sungguh tenang dan dapat membuat anda merasa rileks.

Untuk menuju ke air terjun cantik ini, traveler bisa menempuhnya dari Malang ataupun dari Probolinggo. Perjalanan ke destinasi ini memakan waktu kurang lebih selama 1 jam. Begitu sampai di desa terdekat, traveler akan disambut dengan Patung Gajah Mada yang gagah.

Dari patung ini, traveler butuh sekitar 23-45 menit trekking untuk menuju ke Madakaripura. Selama perjalanan, traveler akan dihibur oleh pemandangan indah yang sangat memanjakan mata.


Pohon-pohon besar nan hijau, udara yang segar, dan juga melewati sungai-sungai akan traveler alami sebelum sampai ke Madakaripura.

Apabila anda tidak ingin berbasah-basahan, jangan lupa untuk menyediakan jas hujan atau paying pada saat pergi ke air terjun ini agar tidak kecipratan aliran airnya. Dibutuhkan juga sepatu atau sandal gunung yan kuat serta tahan air.

Yang paling penting, amankan peralatan elektronik anda agar terlindung dari cipratan air terjun.
Banyak yang menobatkan air terjun Madakaripura sebagai air terjun paling fotogenik karena pemandangan yang disuguhkan indah luar biasa. Biar nggak penasaran, yuk berkunjung ke air terjun ini.
Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan melestarikan objek wisata yang kita punya ya!

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook