Latest News

Jumat, 10 Maret 2017

KEUNIKAN KOLAM BERTUAH & AIR AWET MUDA DI MATARAM


Bila anda sedang berlibur ke Lombok, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Taman Mayura di Mataram yang menyimpan sejarah perkembangan agama Hindu di NTB. Uniknya, destinasi wisata ini juga mempunyai mitos air awet muda dan kolam bertuah.

Berbagai macam mitos tersimpan di Komplek Taman Mayura. Salah satu yang paling menarik adalah mitos mengenai mitos air awet muda yang keluar hanya setahun sekali pada saat upacara keagamaan Hindu Odalan yang berlangsung antara bulan September dan Oktober.


Upacara Odalan ini adalah sebuah ritual yang berlangsung setiap bulan purnama pada bulan September dan Oktober. Ritual ini melambangkan pembersihan alam dari semua kesalaham yang mungkin dilakukan oleh manusia.

Di dalam komplek ini pun terdapat Pura Kelepug, tempat beribadah bagi keluarga raja dan Pura Jaganatha untuk umum. Dikarenakan tempat suci, aturan pun melekat seperti wanita yang tidak diperbolehkan masuk saat dalam masa menstruasi. Untuk dapat memasuki komplek pura ini, diharuskan memakai selendang berwarna kuning.

Komplek seluas 4 hektar ini pun masih mempunyai mitos lainnya yaitu Air Bertuah. Masyarakat sekitar percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan segala penyakit bagi sebagian orang.


Pada zaman kerajaan dulu, air di kolam komplek Taman Mayura dipergunakan sebagai irigasi kerajaan. Sementara pada saat ini, kolam tersebut digunakan sebagai tempat memancing ikan.

Komplek yang dikelola oleh masyarakat adat Krama yaitu Komunitas Pura Meru. Terdapat beberapa bangunan pada komplek ini seperti Bale Kambang yang digunakan sebagai tempat musyawarah dan sidang, Bale Pererenan untuk istirahat para raja, Bale Loji sebagai tempat tidur raja dan keluarga.


Komplek Taman Mayura ini selalu ramai setiap hari. Waktu berkunjung nya adalah dari pukul 07.30 – 18.00 WITA. Sedangkan untuk tiket masuk dibanderol sebesar Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu bagi wisatawan asing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook