Latest News

Senin, 20 Maret 2017

Pulau Seribu, Maldivesnya Indonesia Berbudget Murah



Kepulauan Seribu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cocok dijadikan tempat persinggahan sejenak terutama bagi warga ibukota untuk melepas penat karena aktifitas sehari-hari yang cukup padat. Letaknya yang tak jauh dari Jakarta serta dapat ditempuh dengan menggunakan perahu selama beberapa jam saja membuat kita tak perju mengeluarkan banyak biaya untuk dapat berlibur ke sana. Cukup sediakan waktu 2 hari 1 malam dengan budget Rp500.000,- dijamin keesokan harinya kamu sudah bisa kembali ke kantor atau sekolah dengan hati riang.


Berangkat tanpa menggunakan paket wisata



Panorama laut di Kepulauan Seribu [via]

Rata-rata orang berwisata ke Pulau Seribu dengan menggunakan paket wisata yang telah disediakan oleh agen travel. Tetapi agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau kita harus mengajak orang dalam jumlah yang cukup banyak. Peraturan yang berlaku biasanya minimal 10 peserta baru kita bisa menikmati beragam fasilitas dan kegiatan yang ada dalam paket tur dengan kisaran harga mulai Rp450.000,-.


Keindahan pantai di Kepulauan Seribu [via]

Tapi jika kamu hanya berangkat dengan beberapa teman saja, kamu bisa melakukan perjalanan sendiri dengan menyewa perahu dan penginapan tanpa menggunakan jasa agen perjalanan. Dalam itinerary ini peserta diumpamakan ada 4 orang dengan tujuan Pulau Tidung. Usahakan pilih tanggal yang tepat, bukan saat libur panjang atau high season. Waktu terbaik untuk berlibur di Pulau Seribu adalah pada bulan April hingga Agustus saat cuaca sedang bersahabat.

Keberangkatan



Naik kapal beramai-ramai menuju Pulau Tidung [via]

Berangkatlah menuju Pelabuhan Muara Angke pagi-pagi sekali. Usahakan sudah sampai di sana pada pukul 5 atau 6. Kamu bisa memilih salah satu transportasi yang tersedia di sana. Kapal tradisional bermesin biasanya dikenakan tarif sekitar Rp35.000,- per orang sedangkan kapal motor dinas perhubungan DKI Jakarta Rp50.000,- dan mulai berangkat sekitar pukul 7.
Gunakan kapal dengan tarif yang lebih murah saja, yaitu Rp35.000,-. Lama waktu perjalanan adalah sekitar 2,5 jam. Sehingga diperkirakan sampai di Pulau Tidung pada pukul 09.30 pagi. Jangan lupa bawa obat-obatan dan minyak angin untuk mengantisipasi jika ada yang terkena mabuk laut.

Tiba di Pulau Tidung



Menikmati panorama di Kepulauan Seribu [via]

Setibanya di Pulau Tidung sekitar pukul 09.30, kamu bisa langsung menuju ke penginapan yang sebelumnya sudah dipesan jauh-jauh hari melalui telepon. Beberapa homestay yang terkenal dengan harga cukup terjangkau antara lain, Nasykev Homestay, Penginapan Husbana, Citra, dan masih banyak lagi. Tarifnya sekitar Rp400.000,- per malam pada hari biasa dan dapat diisi 2 hingga 4 orang. Sehingga jika menginap berempat kamu hanya perlu membayar Rp100.000,- tiap orangnya. Fasilitas yang tersedia biasanya adalah bed, kamar mandi biasa, kipas angin, dan dispenser. Not bad lah ya untuk sebuah perjalanan hemat.

Bermain di Pulau Tidung



Fasilitas banana boat di Pulau Tidung [via]

Setelah selesai dengan urusan penginapan dan barang bawaan, saatnya bermain mengitari Pulau Tidung. Spot utamanya adalah Jembatan Cinta. Di sana kamu bisa melompat bebas ke laut biru dari atas jembatan setinggi 7 meter. Ada juga fasilitas bermain seperti banana boat, kano, donat dan motor boat serta peralatan snorkeling. Tarifnya mulai sekitar Rp35.000,- saja. Kamu bisa pilih sendiri manakan permainan yang ingin kamu coba dan sesuaikan dengan budget yang ada.

Makan Siang



Jembatan ciri khas di Pulau Tidung [via]

Pukul 12.00 waktunya makan siang sejenak. Kamu bisa berjalan menelusuri jembatan panjang hingga berakhir di Pulau Tidung Kecil. Di sana terdapat warung makanan yang menjajakan mie instan hingga hidangan seafood dan kelapa muda. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk makan karena sebentar lagi petualangan akan dilanjutkan dengan menyeberang ke pulau lain.

Menjelajahi pulau sekitar



Berkeliling ke pulau lain dengan menggunakan kapal [via]

Kamu tentu penasaran dengan apa yang ada di sekitar Pulau Tidung. Karena itu pada pukul 13.00 kamu dan teman-teman bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp200.000,- untuk berpetualang ke Pulau Karang Beras, Pulau Payung, dan Pulau Air. Jika ada 4 orang yang naik, setiap orang bisa membayar Rp50.000,- saja. Di sana kamu bisa bersnorkeling ria menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Seribu. Tarif sewa alat snorkeling sekitar Rp30.000,- per paket sudah termasuk googles, fin, dan vest.

Kembali ke penginapan



Senja di Pulau Tidung [via]

Pada pukul 18.00 sudah waktunya kamu dan teman-teman kembali ke penginapan. Sebelum makan malam dan beristirahat, sebaiknya kamu mandi terlebih dahulu agar badan terasa lebih segar. Apalagi setelah seharian tubuhmu terpapar sinar matahari serta berendam air laut.

Makan malam dan bersantai



Jembatan Cinta kala malam tiba [via]

Sekitar pukul 19.30 setelah selesai membersihkan diri, kini saatnya bersantap malam bersama teman-teman. Kalian bisa membuat barbeque sederhana bersama atau cukup membeli makanan di warung terdekat sambil menikmati belaian angin laut di malam hari. Jika sekiranya seluruh kegiatan telah selesai dilakukan, maka kembalilah ke kamar untuk beristirahat karena masih ada esok hari untuk bermain di Pulau Tidung.

Melihat sunrise dan sarapan



Menikmati pagi di pinggir pantai [via]

Bangunlah sekitar pukul 04.00 pagi agar kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit jika cuaca sedang cerah. Tidak ada salahnya duduk di tepi pantai memandang sunrise sambil bercengkrama dengan teman-teman. Jika sudah selesai, segera sarapan agar dapat melanjutkan petualanganmu kembali.

Melanjutkan petualangan di Pulau Tidung



Snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan saat ke Pulau Tidung [via]

Sebelum kembali ke ibukota di siang hari, kamu masih memiliki beberapa jam untuk bermain di Pulau Tidung. Manfaatkan waktu luangmu untuk memancing, kayaking, berenang, atau jalan-jalan bersama teman-teman. Jangan lupa beli beberapa buah tangan untuk keluargamu di rumah seperti kaos, kerupuk ikan, atau keripik khas Pulau Tidung. Pada pukul 11.00 segera kembali ke penginapan untuk mandi dan beres-beres.

Mandi dan bersiap pulang



Kapal tradisional yang digunakan menyeberang ke Kepulauan Seribu [via]

Sebelum pulang, bereskan barang-barang dan pastikan tidak ada yang tertinggal di penginapan. Jangan lupa mandi juga agar tubuhmu bersih dan segar. Setelah semuanya selesai, isilah perut sebentar agar tidak masuk angin saat naik kapal nanti. Pada pukul 12.30 bergegaslah ke dermaga karena biasanya kapal berangkat pukul 13.00 dan sampai di Muara Angke sekitar 15.30.
Bagaimana, cukup mudah dan murah kan untuk berlibur ke Kepulauan Seribu? Segera ajak teman-teman dan tetapkan tanggal untuk berlibur bersama kesana!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook