Latest News

Selasa, 14 Maret 2017

Jajan Soto Betawi Legendaris di Jakarta



Jajanan kuliner asli daerah memang nggak pernah bisa ditandingi rasanya. Coto Makassar misalnya, kini sudah banyak ditemukan di kota manapun. Kita bahkan bisa makan gudeg di Jakarta, bukan? Tapi, nggak akan ada yang mengalahkan nikmatnya makan Coto Makassar langsung dari daerah asalnya. Pun sensasi puas menikmati Gudeg di pelataran Malioboro Yogyakarta.



Soto Betawi hadir dalam kuliner Jakarta sejak tahun 1970an. Namun, soto ini sebenarnya sudah hadir jauh sebelum itu, hanya saja belum memakai nama ‘Betawi’ di belakangnya. Seperti halnya soto sulung atau lamongan, soto betawi juga dilengkapi dengan jeroan di dalamnya. Ini dia deretan soto betawi legendaris yang ada di Jakarta. Wajib diicip satu persatu. Mana saja, ya?

Soto Betawi Haji Maruf


Menu lengkap Soto Betawi Haji Maruf
Menu lengkap Soto Betawi Haji Maruf (image source)

Daerah Taman Ismail Marzuki diramaikan dengan pengunjung Soto Betawi Haji Maruf yang tak pernah sepi. Buka sejak tahun 1940, warung soto ini kini sudah masuk generasi kedua. Soto Betawi yang awalnya dikelola oleh Pak Haji Maruf ini memang sudah terkenal sejak zaman penjajahan Jepang dan Belanda. Daging empuk khas Soto Betawi Pak Haji Maruf ini memang mengalami proses panjang sebelum disajikan, yaitu diungkep dengan bumbu, dipresto, hingga digoreng. Selain soto, warung Pak Haji Maruf juga menghidangkan laksa betawi, juga sate kambing.

Soto Betawi Haji Maruf
Soto Betawi Haji Maruf (image source)

Soto Betawi Haji Mukti


Soto Betawi Haji Mukti dan menu lainnya
Soto Betawi Haji Mukti dan menu lainnya (image source)

Soto Betawi yang terkenal lainnya adalah milik Haji Mukti. Haji Mukti juga memiliki saudara yang membuka warung serupa, yaitu Soto Betawi Haji Mamat. Di sini, Soto Betawi disajikan dalam dua pilihan, yaitu kuah santan atau dengan susu. Bisa dipilih sesuai selera. Selain soto betawi, warung Pak Haji Mukti juga menyediakan menu lain yang rasanya nggak kalah nikmat. Sebut saja oseng daging, hingga sop.

Nikmatnya soto betawi Haji Mukti
Nikmatnya soto betawi Haji Mukti (image source)

Soto Jakarta Pak Haji Yus


Soto Jakarta Haji Pak Yus
Soto Jakarta Haji Pak Yus (image source)

Sebelumnya, Soto Jakarta Pak Haji Yus ini berlokasi di daerah Menteng. Namun, setelah buka cabang diGading Serpong, banyak pelanggan yang gembira. Soto Jakarta milik pak Haji Yus menggunakan kuah dari susu murni, tanpa campuran santan. Tapi, jangan khawatir. Campuran bumbunya yang sangat pas, membuat kuah soto Jakarta ini nggak enek. Banyak pilihan daging yang bisa dicoba, seperti paru, hingga kikil. Harganya pun cukup mahal dibanding dengan Soto Betawi yang lainnya, yaiu 32 ribu untuk seporsi. Tapi, untuk selera, apa sih yang nggak?

Menu lain Soto Jakarta Pak Haji Yus
Menu lain Soto Jakarta Pak Haji Yus (image source)

Soto Betawi Haji Husein


Soto Betawi Haji Husein
Soto Betawi Haji Husein (image source)

Soto Betawi Haji Husein merupakan warung yang sangat terkenal yang berlokasi di daerah Manggarai. Warung milik pak Husein ini sudah berdiri sejak tahun 1988. Haji Husein sendiri mengaku tak ada resep rahasia untuk sotonya. Yang jelas, soto tidak enek. Kuah yang digunakan dalam soto betawi Pak Haji Husein ini adalah campuran santan dan susu. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 15 ribu. Sedang seporsi soto istimewa seharga 22 ribu. Murah dan bahagia, kan.

Soto Betawi Pak Haji Husein yang nikmat
Soto Betawi Pak Haji Husein yang nikmat (image source)

Soto Betawi Haji Mamat


Soto Betawi haji Mamat
Soto Betawi Haji Mamat (image source)

Soto Betawi Haji Mamat juga sudah nama baru di kuliner Jakarta yang beragam. Outletnya sempat tutup, namun kini warung ini sudah punya 6 cabang, yaitu di Rawa Buntu Taman Tekno, Ruko Boulevard Summarecon, Ruko Karawaci Pasar Modern, Ruko Tangerang City, The Breeze BSD, dan di food court AEON Mall. Di sini, soto betawi hanya disediakan dengan kuah santan. Jangan khawatir, ada banyak menu lain yang bisa dicoba, seperti Oseng Daging. Meski mematok harga yang lumayan, yaitu 30 ribu untuk satu porsi soto betawi, namun sebanding dengan rasanya yang nendang.

Menu lain Soto haji Mamat
Menu lain Soto Haji Mamat (image source)

Well, kuliner Jakarta memang tidak terkalahkan meski banyak menu western yang masuk ke Indonesia. Ujung-ujungnya pasti kangen dengan makanan nusantara. Bagaimana, siapa nih yang sudah nyobain deretan Soto Betawi di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook