Latest News

Jumat, 24 Maret 2017

FANTASTIS! Kayu Setan Asli Indonesia Harganya Rp 250 Juta/Kg



Kayu Gaharu, diyakini hanya ada di Indonesia. Kebanyakan orang menyebutnya kayu setan. Alasan utamanya karena tidak semua orang bisa mendapatkan kayu gaharu dengan mudah. Diperlukan keberanian, tenaga, kerja keras dan hal yang paling utama adalah keberuntungan.

Untu mencari kayu gaharu, butuh nyali baja. Siap tidur di tengah dua sampai tiga bulan. Bahkan tidak sedikit diantara para pekerja gaharu yang kembali dengan tangan kosong. 

Gaharu ini macam mahkota hutan rimba. Harganya selangit. Satu kilogram gaharu berkualitas, bisa dibeli sampai 250 juta. Satu pohon yang dibudidayakn dengan baik dan berhasil mendapatkan gaharu terbaik, bisa menghasilkan 20 kg. Fantastik!


Harga rata-rata kayu gaharu tembus Rp 15-35 juta perkilogram. Semakin hitam warnanya, maka semakin berkualtias dan berharga mahal. 

Di Indonesia, salah satu pusat gaharu terkenal adalah trade mall Mangga Dua Square. Kayu beraroma wangi ini, dengan mudah kita jumpai di trade mall yang ada di Jakarta Utara tersebut.

Di TM Mangga Dua Square, pesona Kayu Gaharu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing khususnya yang berasal dari timur tengah. 

Seperti yang dikatakan Iwan kepada Tribunnews.com, pedagang Kayu Gaharu di TM Mangga Dua Square. Menurut Iwan, menjamurnya peminat Kayu Gaharu yang datang dari luar negeri membuatnya ikut menjual berbagai kerajinan yang berbahan baku Kayu Gaharu.

"Kayu Gaharu ini memang salah satu keunggulan TM Mangga Dua Square, selain batik, dan fashion. Peminatnya kebanyakan wisatawan dari Arab dan China sebagai oleh-oleh," tutur AVP Marketing Agung Podomoro Land Ho Mely Surjani.



Dari informasi pengelola TM Mangga Dua Square, ada belasan kios gemstone dan kayu gaharu di TM Mangga Dua Square. Dengan harga beragam, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 4 juta.

Sebagai informasi, Kayu gaharu adalah kayu kering yang berasal dari Pohon Gaharu. 
Kayu ini menebarkan aroma wangi, sehingga banyak dimanfaatkan untuk parfum, penyedap masakan, aroma terapi dan untuk tasbih.

Serbuk kayu gaharu digunakan untuk dupa atau ratus dan minyaknya merupakan parfum kelas atas. Sejak dulu Indonesia terkenal dengan berbagai jenis kayu gaharu.

Gimana gan, ente tertarik bisnis atau budidaya kayu gaharu?


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook