Latest News

Senin, 06 Maret 2017

BUTON, TETANGGA WAKATOBI PENCURI HATI WISATAWAN



Tidak dapat dipungkiri, Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan. Destinasi ini juga menjadi satu dai 10 destinasi wisata prioritas Kementrian Pariwisata. Namun tetangganya, Buton siap mencuri perhatian wisatawan dengan keindahan alam yang dimilikinya.

Buton dan Wakatobi, keduanya terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sejatinya merupakan pemekaran dari Kabupaten Buton. Jarak antara kedua destinasi wisata tersebut pun  tak terlalu jauh hanya sekitar 1-2 jam naik boat.

Seperti dikutip dari DetikTravel, Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun mengatakan kepada awak media bahwa pemerintah tidak seharusnya hanya mendorong Wakatobi saja, namun harus berlaku juga dengan Buton. Menurut dirinya keindahan Buton pun tidak kalah menarik dan cantik dengan Wakatobi.




Dirinya menambahkan, Buton pun memiliki banyak destinasi wisata pantai dan dunia bawah laut. Disana terdapat Pantai Koguna yang pasir putihnya membentang sepanjang 1 km, 37 titik selam yang salah satunya juga di daerah Pasarwajo.

Disaat anda menyelam, anda akan berjumpa dengan mandarin fish dan kapal-kapal karam yang usianya ratusan tahun. Uniknya, terdapat sebuah jangkar raksasa yang tingginya 9 meter dan penyelam dapat meliuk-meliuk di antara rantainya.


"Kami punya atraksi budaya, Festival Budaya Tua Buton yang tahun 2016 ini memasuki tahun ke-4. Ada 10.000 penari dan pesta hiburan rakyat yang berlangsung dari tanggal 19-24 Agustus di Alun-alun Takawa Pasarwajo," papar pria yang akrab disapa Umar tersebut.

Umar melanjutkan, satu hal penting yang dimiliki oleh Buton namun tidak dimiliki oleh Wakatobi adalah hutan. Buton memiliki Hutan Lambusango seluas 20 ribu hektar lebih dengan kenanekaragaman flora dan fauna. Tarsius, primata terkecil di dunia ada di sana. Satu lagi, ada Danau Udang Merah yang dikeramatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook