Latest News

Jumat, 24 Februari 2017

PURA LUHUR POTEN, TEMPAT IBADAH SUKU TENGGER DI BROMO



Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer untuk mengisi liburan anda. Nah, bila anda merencanakan untuk berwisata ke Gunung Bromo, pastikan anda tidak melewatkan budaya Suku Tengger yang beragama Hindu.

Pura ini berlokasi di bawah kaki Kawah Bromo, dan menjadi tempat ibadah nan sacral bagu Suku Tengger yang menghunni kawasan Taman Nasional Bromo di Jawa Timur. Pura ini sangat berkaitan erat dengan Upacara Yadya Kasada yang rutin diselenggarakan tiap tahun.




Masyarakat Tengger mempercayai bahwa Pura tersebut merupakan kediaman dari Isa Sang Hyang Widhi Wasa yang juga merupakan perwujudan dari dewa Brahma. Seperti yang kita ketahui, Brahma merupakan satu dari tiga dewa besar dalam agama Hindu selain Siwa dan Wisnu.

Sejarahnya, Pura Luhur Poten berdiri tahun 2000 di kawasan lautan pasir Bromo. Arsitekturnya merupakan percampuran dari budaya Jawa dan Bali yang sangat kental dengan nuansa agama Hindu.
Sehari-harinya Pura Luhur Poten menjadi tempat ibadah Suku Tengger, sekaligus sebagai objek wisata di kalangan traveler. Namun karena merupakan rumah ibadah, traveler pun hanya diperkenankan melihat dari bagian luar Pura saja.




Namun bagi traveler yang gemar fotografi, Anda bisa memotret keindahannya dari atas tangga menuju Kawah Bromo. Dengan latar gunung dan hamparan pasir, Pura Luhur Poten tampak seperti istana yang hilang di antah berantah. Begitu luar biasa.

Jika ingin melihat esensi sejati dari Pura Luhur Poten, datanglah saat Upacara Yadya Kasada berlansung antara bulan Juli hingga Agustus. Selain menjadi salah satu lokasi upacara, traveler bisa memaknai budaya Hindu yang dilakukan oleh Suku Tengger.

Untuk mencapainya, traveler bisa menggunakan jeep sewaan dari sejumlah operator tur yang ada di kawasan Bromo. Jika ingin lebih dramatis, Anda bisa menyewa kuda dari penduduk setempat. Pastinya seru!

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook