Latest News

Senin, 16 Januari 2017

DANAU LABUAN CERMIN,KEAJAIBAN DI UJUNG TIMUR KALIMANTAN


Kali ini Filosotrip akan memberikan sedikit pembahasan mengenai Danau Labuan Cermin. Mungkin masih banyak dari kawan-kawan pembaca yang belum pernah menyambangi salah satu destinasi terbaik di Indonesia ini. Seperti apa sih? Yuk kita bahas sedikit!


Danau Labuan Cermin adalah sebuah danau yang memiliki air sangat jernih berwarna kebiruan yang sungguh menawan. Danau ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh melalui jalur darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Beray, Tanjung Redeb.

Keajaiban yang dimiliki oleh danau ini adalah, air yang berada pada danau tersebut memiliki dua rasa yakni air asin dan air tawar. Hal tersebut terjadi karena pada Danau Labuan Cermin ini terdapat pantai yang berbentuk danau.


Suhu airnya berkisar antara 10 sampai 15 derajat celcius, kejernihan airnya dapat membuat kita memperhatikan gerak gerik makhluk hidup yang terletak di dasar danau. Sangat cocok untuk bersantai dan menenangkan pikiran bukan?
Rasa air tawar yang berada di permukaan bersumber dari mata air yang keluar dari celah-celah batu. 

Sedangkan rasa air asin yang berada beberapa meter dibawahnya berasal dari air laut. Kedua jenis air ini tidak bercampur, sehingga menjadi keunikan bagi Danau Labuan Cermin. Anda dapat menemukan sebuah batas lapisan antara keduanya apabila menyelam pada danau tersebut!.


Dengan hadirnya kedua jenis air yang berbeda tersebut, spesies ikan yang ada pun sangat beragam, seperti kakap, ikan warna, ikan tulang, dan ikan putih. Asal-usul terbentuknya danau ini pun belum diketahui hingga kini.

Indah bukan? Selagi berkunjung kesana, pastikan kita menjaga kebersihan dan tidak merusak keindahan alam yang Indonesia punya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook