Latest News

Jumat, 06 Januari 2017

5 Tradisi Unik Asal Indonesia



Bukan Indonesia namanya kalau nggak punya budaya dan tradisi yang kaya. Masing-masing daerah punya kekayaan tersendiri, gunanya untuk menarik para wisatawan atau mempererat kekerabatan masyarakat.
Jika Agan warga asli Indonesia, harusnya tahu dong berbagai macam tradisi yang ada unik yang ada di Indonesia. Atau jangan-jangan tempat tinggal Agan juga punya tradisi yang bisa dibilang unik? Lebih unik dari lima tradisi ini, kah?


1. Festival Ciuman alias Omed-omedan

Tradisi unik pertama datangnya dari Bali. Agan pasti kenal dengan pulau indah yang namanya tersohor sampai luar negeri ini. Menikmati liburan di Bali, Agan pasti bakal ngerasa berada di surga. Namun lain kalau Agan berada di Bali saat hari raya Nyepi.

5 Tradisi Unik Asal Indonesia

Ads by Kiosked


Soalnya di hari raya tersebut, semua obyek wisata tutup. Semua penginapan juga melarang pelanggan keluar. Tapi esoknya, sebagai peringatan tahun baru Saka di Desa Sesetan, Denpasar mengadakan fesitival ciuman yang dilakukan anak muda single dari usia SMP sampai kuliah. Festival ini bertujuan untuk mengakrabkan muda-mudi saat hari raya Saka. 
Enak Banget Bre Ciuman Masal?

2. Adu Betis

Masyarakat Dusun Paroto, Desa Samaelo, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan, juga punya tradisi unik sebagai bentuk rasa syukur usai panen. Tradisi ini sudah dilakukan turun-temurun dan diikuti pemuda-pemuda desa.

5 Tradisi Unik Asal Indonesia

Ads by Kiosked

Para peserta beradu dan saling menendang betis lawan. Tradisi ini memang seringkali membuat kaki para peserta kesakitan, bahkan ada yang keseleo. Namun, mereka tetap bersuka cita sebab hasil panen mereka melimpah.

3.Yadnya Kasada

Agan pasti mengenal indahnya Bromo. Di tempat ini biasanya masyarakat Tengger menggelar tradisi unik yaitu mempersembahkan sesajen pada Sang Hyang Widhi. Tradisi ini digelar setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger.


5 Tradisi Unik Asal Indonesia

Sesajen yang disiapkan akan dilemparkan ke kawah gunung Bromo. Namun, sebagian orang sudah mempersiapkan jalan di sekitar bibir kawah, mereka bersiap untuk menangkap sesaji yang dilemparkan.

4. Tapa Bisu Mubeng Beteng

Tradisi ini berasal dari Yogyakarta. Diadakan tiap tanggal satu suro. Dalam tradisi ini, para abdi dalem dan para masyarakat akan berjalan arak-arakan mengelilingi benteng keraton dengan membisu.


5 Tradisi Unik Asal Indonesia

Tradisi ini adalah wujud mawas diri dari segala yang dilakukan selama setahun ini, dan berharap keselamatan dan kesejahteraan di tahun berikutnya. Dalam tradisi ini siapapun boleh ikut serta, dengan syarat tidak mengeluarkan suara selama ritual.

5.Upacara Rambu Solo Toraja
Nah Yang 1 ini gan

Upacara ini berupa mengantar arwah kerabat menuju alam roh. Selagi belum mengadakan upacara Rambu Solo, seseorang belum bisa dibilang mati. Jadi. masih dianggap sakit. Mereka masih diberi makan, diajak bicara bahkan diberi pakaian.

5 Tradisi Unik Asal Indonesia

Upacara yang dilakukan juga meriah, paling tidak sekitar tujuh harian. Mereka juga harus menyiapkan kerbau atau babi untuk dikorbankan. Jumlahnya pun belasan, dengan harga sekitar 20-40 juta perekor. Upacara ini merupakan yang termahal di Indonesia.


[i]Berbagai tradisi di Indonesia memang unik Gan dan tentu saja orang-orang luar negeri nggak bakal nemu tradisi yang ada di Indonesia. Tradisi yang bisa dibilang identitas dari negeri kita.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook