Latest News

Rabu, 04 Januari 2017

5 Makanan Khas Indonesia Yang Sebenarnya Bukan Dari Indonesia



Siapa yang tak kenal Nasi Goreng? Wah kalau makanan ini sih saking terkenalnya sudah banyak dimodifikasi oleh para pecinta kuliner. Tapi tahukah kamu kalau nasi Goreng bukan berasal dari Indonesia? Nah kali ini kita akan membahas lima jenis makanan yang sangat terkenal di Indonesia namun bukan berasal dari Indonesia.


1. Nasi Goreng





Seperti diawal telah dibahas, nyatanya nasi goreng bukan berasal dari Indonesia. Nasi Goreng kali pertama mendarat di Indonesia sekitar 4.000 SM dibawa oleh bangsa Tiongkok. Awalnya Bangsa Tiongkok hanya bermaksud menghidangkan nasi goreng sebagai alfernatif dalam mengakali makanan-makanan sisa hari lalu agar tetap enak dimakan, namun seiring waktu mereka mulai mencampurkan berbagai bumbu yang ditemui di Asia Tenggara hingga menjadi seperti yang kita kenal sekarang.



2. Soto





Wiihhhh sepertinya semua orang pasti pernah deh makan hidangan yang satu ini. Soto atau yang bernama asli Caudo ini awalnya merupakan persilangan kultur dari berbagai Negara seperti Tiongkok, India, dan Indonesia. Persilangan ini terjadi ketika para saudagar datang ke Nusantara untuk berdagang dan menetap. Kini, hampir di setiap daerah memiliki cita rasa soto yang berbeda-beda, seperti Soto Betawi, Soto Lamongan, dan Cotto Makassar.



3. Bakso


Hujan-hujan paling enak makan bakso. Kalau makanan yang satu ini sepertinya sudah melekat sekali dengan lidah orang Indonesia. Namun ternyata, bakso bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tiongkok. Kata bakso merupakan saduran dari Bak-So atau dalam bahasa hokkien memiliki arti daging babi giling. Namun dikarenakan mayoritas muslim di Indonesia, penggunaan daging babi dalam bakso digantikan dengan daging sapi.


4. Mie



Kalau makanan yang satu ini sudah bisa diperkirakan lah yaa berasal darimana?? Betul sekali! Mie merupakan makanan yang berasal dari dataran Tiongkok. Makanan yang berbahan dasar tepung ini laris manis di Indonesia, mulai dari mie ayam, kwetiau, bihun dan lain-lain yang sepertinya sudah merajalela di negeri ini.


5. Siomay


Yang terakhir ialah siomay. Makanan yang telah mewabah di daerah jawab Barat hingga seluruh Nusantara ini berasal dari Mongolia Dalam. Makanan ini memiliki ciri khas yaitu kepalan daging yang terbungkus oleh kulit pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Disajikan dengan berbagai sayuran seperti kentang, kubis, dan tahu lalu disiramkan saus kacang. Hmm cemilan yang lezat untuk sore santai kamu.

Selain adat istiadat, ternyata banyak juga kebudayaan Tiongkok yang berkembang di Indonesia seperti makanan-makanan di atas. Setelah membaca informasi ini, jangan salah lagi yaa kalau ditanya apa makanan khas Indonesia.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook