Latest News

Kamis, 08 Desember 2016

Tips Memilih Oleh-oleh



Seringkali traveler bingung memilih buah tangan untuk teman dan keluarga. Apakah berbentuk benda, makanan, pajangan, atau bahkan perhiasan. Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli oleh-oleh.

Membeli buah tangan tidak bisa sembarangan. Hal pertama yang harus diingat, oleh-oleh yang akan dibeli harus khas setempat. Rasanya aneh kalau Anda membeli bakpia saat traveling ke Surabaya, atau membeli batik saat liburan ke Bandung.

Kalau sudah punya deretan pilihan suvenir khas, inilah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan. Berikut ini 4 langkah ini bisa membantu Anda memilih oleh-oleh yang tepat:

1. Bujet


Berapa bujet yang Anda miliki? Satu hal yang penting, jangan memaksakan diri membeli oleh-oleh yang mahal kalau kondisi bujet Anda tidak mencukupi. Sesuaikan bujet dengan harga oleh-oleh yang akan dibeli.

Setelah itu, jangan lupa hitung berapa orang yang akan Anda beri oleh-oleh. Sesuaikan oleh-oleh dengan masing-masing orang, atau pilih jenis buah tangan yang bisa diterima semua orang. Gantungan kunci, dompet, dan sapu tangan adalah beberapa suvenir murah yang bisa jadi pilihan.

Lalu bagaimana kalau Anda punya bujet lebih? Kalau begini tak perlu kuatir. Tinggal pilih buah tangan yang lebih eksklusif. Tapi ingat, jangan sampai harga suvenirnya melebihi bujet ya!

2. Pertimbangkan ukuran dan berat

Penting untuk menyadari ukuran dan berat oleh-oleh, terutama kalau Anda naik transportasi umum seperti bus, kereta, atau pesawat. Ingat, ada berat maksimal untuk bagasi pesawat. Sebaiknya hindari oleh-oleh yang terlalu berat kalau Anda tidak ingin dikenakan biaya tambahan.

Kalau terlanjur membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak misalnya beberapa kardus, cobalah kirim via pos. Bisa langsung ke rumah orang yang dituju, atau dialamatkan ke rumah Anda. Kalau barang tersebut berukuran super besar, pakailah jasa kirim barang. Misalnya meja atau lemari dari kayu jati, atau barang berukuran besar lainnya.

Bagi para backpacker, tampaknya oleh-oleh yang cocok adalah apa pun yang bisa masuk ransel!

3. Pengemasan

Seusai membeli oleh-oleh, membungkusnya adalah hal yang tidak kalah penting. Di beberapa toko oleh-oleh sudah tersedia boks/kardus pembungkus agar oleh-oleh tidak tercecer. Tentunya Anda tidak mau buah tangan hancur sebelum sampai di tempat asal, bukan?

Baik itu benda, makanan, dan beragam oleh-oleh lain sebaiknya dibungkus dengan baik agar tidak rusak. Hal ini penting terutama bagi Anda yang naik transportasi umum. Kalau Anda naik pesawat, bedakan mana yang akan dimasukkan bagasi dan mana yang akan dibawa ke kabin. Segala jenis makanan baiknya dibawa dalam kabin.

4. Tanggal kadaluarsa

Ini adalah poin krusial saat Anda membeli makanan sebagai oleh-oleh. Apakah itu bakpia dari Yogya, lumpia dari Semarang, brownies kukus dari Bandung, pancake duren dari Medan, dan sebagainya. Ketahui tanggal kadaluarsa dengan mengeceknya di masing-masing bungkus makanan.

Sebisa mungkin jangan pilih makanan yang telah lama diproduksi, apalagi kalau tanggal kadaluarsanya sebentar lagi. Kalau makanan tersebut tanpa pengawet, cobalah ambil yang baru dibuat dan masih hangat. Sesuaikan juga tanggal kadaluarsa dengan lamanya bepergian. Jangan sampai makanannya sudah kadaluarsa sebelum Anda tiba di rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook