Latest News

Rabu, 07 Desember 2016

Menikmati Sensasi Asyiknya Kolam Soda di Tapanuli Utara


Sudah bisa ditebak kalau kamu bakal mengernyitkan dahi sambil bertanya-tanya dalam hati begitu membaca judul di atas. Kolam air soda? Memang ada ya tempat seperti ini? Kesannya mungkin seolah mengada-ada atau hanya guyonan saja, tapi pada kenyataannya tempat ini benar-benar eksis lho dan letaknya pun di Indonesia. Tepatnya di Tarutung, Tapanuli Utara.

Kolam air soda, tempat ini memang benar-benar sesuai yang diimajinasikan banyak orang. Tak hanya berair agak merah, gelembungnya pun melimpah ruah. Benar-benar mirip dengan minuman karbonasi yang sering kamu beli itu. Uniknya, tempat ini bukan dibangun dengan cara mengisi bergalon-galon air soda ke dalamnya, tapi alami alias terpancar dari perut bumi.

Tak perlu merasa aneh ketika berendam di sini. Karena alih-alih bikin takut, kamu bakal merasakan sensasi berendam yang beda dari biasanya. Sudah banyak lho yang mampir ke sini dan merasakan berbagai manfaatnya yang luar biasa.

Cerita Unik di Balik Kolam Soda
Kolam soda ini diketahui pertama kali muncul di tahun 70an. Awalnya, ia hanyalah sebuah mata air kecil yang tertimbun bebatuan. Dulu, orang-orang menganggap mata air ini tempat angker. Alasannya di samping karena air yang dikeluarkannya berwarna merah, tanaman-tanaman yang berdekatan dengan sumber ini selalu mati.



Fenomena aneh ini kemudian menarik perhatian seorang bidan. Tanpa takut si bidan ini mencari lebih dalam sumber air soda itu. Hingga akhirnya terpancar makin besar. Si ibu bidan ini kemudian membangun tempat itu perlahan-lahan hingga akhirnya berbentuk kolam seperti hari ini. Semenjak berbentuk kolam ini orang-orang pun makin berdatangan.



Menikmati Sensasi Asyiknya Kolam Soda
Bagaimana sih rasanya berendam di kolam soda? Hmm, rasanya yang jelas berbeda. Tak hanya segar nih, tapi juga ada sensasi lain yang menggelitik. Seperti lazimnya sifat soda yang penuh buih, tempat ini pun juga seperti itu. Dari dalam begitu banyak buih-buih naik ke atas sehingga memberikan sensasi seru.



Kolam ini juga membuat kita lebih mudah mengapung lho. Entah kenapa sebabnya. Tak hanya itu, berendam di sini juga tidak lengket dan malah memberikan efek melembutkan kulit. Berbicara soal manfaat, menurut pengelola setempat dan para pengunjung, kolam ini mampu menghilangkan berbagai macam penyakit kulit. Bahkan katanya bisa juga membantu menyembuhkan stroke.



Hanya Ada Dua Kolam Soda di dunia
Hal unik lainnya soal kolam ini selain unik dan penuh dengan manfaat adalah eksistensinya sendiri. Kamu mungkin belum tahu jika kolam soda macam ini ternyata nggak banyak ditemui lho. Bahkan di dunia, ternyata hanya ada dua yang seperti ini. Selain di Tarutung kolam soda juga ditemui di Venezuela.



Tapi, meskipun ada juga di Venezuela, di tempat itu kolam sodanya tak dimanfaatkan untuk pemandian. Alhasil, yang ada di Tarutung ini adalah satu-satunya di dunia. Wih, keren ya. Kita harus bangga akan hal tersebut.



Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berada di Kolam Soda
Ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan sebelum merasakan nikmatnya berendam di kolam ini. Pertama, jangan pernah menyelam atau setidaknya menenggelamkan kepala dengan mata terbuka. Alasannya nggak lain karena hal tersebut akan membuat matamu perih. Tidak berbahaya sih, tapi sensasi perihnya jelas tidak menyenangkan.



Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah larangan untuk meminum air sodanya. Alasannya sendiri lebih ke masalah kebersihan saja. Minum air soda ini memang bakal berasa seperti soda, tapi rasanya cenderung asin. Banyak sih yang bilang kalau meminum air soda ini memberikan manfaat penguatan tulang. Tapi, mungkin kamu nggak akan mau mencobanya.



Akses Menuju Kolam Soda
Lantaran tempatnya yang begitu asyik dan unik, maka pantas ya kalau butuh usaha untuk menuju kolam soda ini. Dan memang sih agak berjuang sedikit kalau mau ke sini. Kolam soda bisa kita capai dari Medan dengan perjalanan darat yang cukup lama. Kurang lebih sekitar 7-8 jam. Alternatif lainnya bisa dengan menggunakan pesawat. Tapi, kita harus teliti dengan rute dan transitnya biar nggak kebablasan.





Masuk kolam sodanya sendiri nggak mahal kok. Biaya masuknya hanya sekitar Rp 10 ribuan saja. Di sini fasilitasnya cukup lengkap termasuk warung yang siap sedia dengan makanan-makanan khas.



Bagaimana? Jangan bilang kalau kamu tak tertarik mengunjungi tempat ini setelah membaca ulasan di atas. Membayangkan rasanya menikmati kolam soda yang jadi satu-satunya di dunia ditemani buih-buih airnya plus pemandangan hijau di sekitarnya, yang seperti ini nggak akan mudah didapatkan. Jadi, jangan lupa nih buat mampir ke sini ketika kebetulan mengunjungi Tapanuli Utara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook