Latest News

Jumat, 30 Desember 2016

Keindahan Bukit Langara yang dapat memacu Adrenalinmu

Begitu mendengar nama Kalimantan, apa yang akan ada di dalam pikiranmu? Ok, boleh kami tebak. Kalau tidak sungai-sungai besar, hutan, desa-desa Dayak yang unik, dan menyelam di Kepulauan Derawan. Well, itu saja yang ada di pikiranmu? Itu saja destinasi-destinasi menarik yang kamu pikirkan selain tentu saja orangutan di Tanjung Puting?
Sebenarnya, Kalimantan tidak melulu menyajikan wisata bahari atau cagar alam yang melindungi banyak satwa langka. Kalimantan juga memiliki wisata yang unik, menguras adrenalin, dan menghadirkan pemandangan yang luar biasa. Kamu bakalan ngebet untuk datang ke tempat itu setelah membaca ulasannya di bawah ini. Siap?

Pemandangan yang Indah Dilirik Banyak Orang

Beberapa tahun yang lalu nama dari Bukit Langara belum banyak dikenal oleh traveler. Namun, dalam waktu yang sangat singkat, bukit yang memiliki keindahan menakjubkan ini langsung menjadi primadona. Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendadak mendapat berkah dengan banyaknya wisatawan yang datang untuk menyaksikan keindahan bukit yang unik ini.
Pemandangan yang Indah [image source]
Kalau kamu mendaki di sini, pemandangan spektakuler seperti di film-film fantasi akan kamu dapatkan. Hamparan perbukitan hijau yang indah, plus sungai mengalir dengan sangat tenang di bawahnya. Oh ya, sebelum sampai di kawasan ini pastikan memori untuk kameramu kosong ya. Bakalan banyak spot menarik yang bisa kamu abadikan.

Pendakian yang Menguras Adrenalin Hingga Habis

Sebelum kamu mendapatkan pemandangan yang spektakuler, perjuangan yang cukup berat harus kamu lakukan. Akses dari tempat parkir menuju ke puncak bukit hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus berjalan menyusuri jalan setapak hingga akhirnya mendapati jembatan yang membentangi sungai.
Pendakian yang Menguras Adrenalin [image source]
Sari jembatan ini, perjalansn masih berlanjut dengan membelah kawasan hutan jati. Selanjutnya medan akan semakin menanjak sehingga kamu harus hati-hati. Carilah pegagangan yang kuat karena beberapa bagian jalan cukup licin. Begitu tiba di puncak, kamu akan mendapati hamparan batu cukup banyak yang bisa kamu jadikan spot untuk duduk dan menikmati keindahan Pegunungan Meratus dari kejauhan.

Aktivitas Menyenangkan di Bukit Langara

Di kawasan Bukit Langara, kamu bisa melakukan cukup banyak aktivitas outdoor yang menyenangkan. Pertama tentu pendakian yang membuatmu berkeringat namun puas begitu sampai di atas yang pemandangannya bak negeri dongeng. Selanjutnya kawasan itu memiliki cukup banyak desa adat Dayak yang memiliki keunikan adat dan budaya. Kamu bisa berkunjung untuk melihatnya dari dekat.
Aktivitas Menyenangkan di Bukit Langara [image source]
Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kamu lakukan di bukit ini dan kawasan sekitarnya adalah bermain air dengan arung jeram. Meski dari atas bukit tampak tenang, sungai ini cukup deras untuk dijelajahi Kamu bisa menggunakan ban atau menggunakan perahu yang terbuat dari bambu milik warga lokal.

Akses Menuju Bukit Langara

Kawasan Bukit Langara berada di salah satu kawasan perbukitan. Untuk bisa di sana, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dari kawasan Banjarmasin. Dari kota Banjarmasin, perjalanan akan memakan waktu sekitar 160 kilometer atau 3-4 jam tergantung kecepatan mobil dan medang yang dilalui untuk sampai di Kandangan.
Akses Menuju Bukit Lengara [image source]
Dari Kandangan atau ibu kota dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, perjalanan masih dilanjutkan dengan jarak kurang lebih 10 kilometer menuju Desa Lumpagi, Laksado. Dari sini, kamu bisa melakukan perjalanan kaki dengan menyusuri bukit selama 20-30 menit seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.
Nah, inilah keindahan dari bukit Langara yang bisa kamu temui di Hulu Sungai Selatan. Kapan-kapan kalau ke Kalimantan, main yuk ke sini untuk menikmati pemandangan seperti di Selandia Baru atau Eropa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook