Latest News

Rabu, 07 Desember 2016

10 Desa Unik yang Hanya ada di Indonesia



Di Indonesia setidaknya ada 74 ribu desa lebih yang tersebar dari ujung barat ke timur Nusantara. Nah, dari jumlah sebanyak ini, tentu semuanya tidak sama persis dan punya ciri khasnya masing-masing. Entah kultur, kebiasaan, atau pun masyarakatnya sendiri.

Tentu bakal jadi ulasan yang panjang sekali nih kalau kita deskripsikan satu-satu keunikan desa-desa yang ada di Indonesia. Makanya, untuk mewakili keunikan desa-desa yang ada di Indonesia kami sajikan 10 dusun paling unik yang ada di republik ini. Oh iya, semua desa ini hanya ada di Indonesia saja lho. Kamu nggak bakal menemukannya di luar negeri sana.


1. Desa Ratenggaro dengan Budayanya yang Tak Lekang Waktu




Desa unik yang ada di Sumba ini menawarkan hal yang berbeda dari tempat lain. Hal tersebut tak lain adalah adatnya yang masih menganut sistem zaman prasejarah. Hal ini bisa kita lihat dari bangunan-bangunan di desa ini yang luar biasa unik. Misalnya kubur batu atau monumen-monumen lainnya yang konon merupakan warisan budaya prasejarah. Cobalah ke sini kamu bakal terpana luar biasa.




2. Menengok Masa Lalu Lewat Desa Bena




Selain Desa Ratenggaro yang menganut sistem budaya dan kemasyarakatan ala zaman prasejarah, ada juga Desa Bana yang juga memiliki kekhasan yang sama. Di desa yang terletak di Flores ini, masyarakatnya masih memegang teguh kebiasaan zaman prasejarah. Bahkan bangunan-bangunan peninggalan nenek moyang di zaman batu juga masih dipakai sesuai fungsinya.


3. Desa Sillanan dengan Rumah Ala Toraja-nya yang Menawan




Akan jadi pengalaman tersendiri ketika mengunjungi desa bernama Sillanan yang ada di Sulawesi Selatan ini. Nggak hanya bakal terpukau dengan alamnya yang luar biasa, kita juga bakal disuguhi keunikan budaya di sana, mulai dari kebiasaan masyarakat sampai deretan bangunan-bangunan tradisional unik. Desa seperti ini hanya bisa kita dapatkan di Indonesia.




4. Menyelami Budaya Nias Lewat Desa Bawomataluo




Desa unik di Indonesia selanjutnya adalah Bawomataluo yang ada di Nias, Sumatera Utara. Di desa ini kita akan disuguhi uniknya budaya Nias yang luar biasa itu. Entah lewat bangunan-bangunan unik, atau pun kebiasaan serta upacara-upacara adat. Nggak hanya itu saja sih, desa ini juga menawarkan keindahan alam yang view-nya luar biasa indah.


5. Komunikasi Bahasa Tubuh ala Warga Desa Bengkala




Di Bali ada sebuah desa unik bernama Bengkala di mana dalam kesehariannya para warga berkomunikasi dengan bahasa tubuh. Ya, alih-alih memakai lisan begitu saja, mereka lebih cenderung menggunakan bahasa tubuh. Alasannya sendiri karena banyak warga desa Bengkala yang memiliki kekurangan yakni bisu dan tuli. Makanya, dalam berkomunikasi mereka memakai bahasa tubuh. Meskipun punya kekurangan, tapi hidup di desa Bengkala sama sekali tak berbeda dari tempat lain. Unik dan hanya satu-satunya di dunia nih!




6. Uniknya Desa Bermata Biru di Sulawesi Tenggara




BACA JUGA : BUTON SELATAN DAN TIGA RUMPUN RAS BERMATA BIRU YANG TERSISA

Fisik orang-orang Indonesia terutama bagian mata selalu berwarna coklat. Tapi, di desa bernama Siompu ini orang-orangnya malah memiliki iris yang warnanya biru terang seperti orang-orang Eropa. Unik nih, karena beda dari kebanyakan orang Indonesia lainnya. Penyebab kenapa orang-orang Siompu bermata biru adalah karena dulu sekali masyarakat ternyata menikah dengan orang-orang Portugis. Dari sini kemudian lahirlah anak-anak bermata biru. Tak hanya mata, banyak juga orang-orang Siompu yang memiliki rambut pirang.


7. Desa Penglipuran yang Bersih dan Menarik Hati



Bali tak hanya tentang pantai saja, tapi juga deretan desa-desa unik luar biasa. Salah satunya adalah Penglipuran. Desa satu ini punya ciri yang unik sekali, tak hanya karena masih kental adatnya, tapi juga bersih luar biasa. Sejauh mata memandang, hampir tak ada sampah yang terlihat. Begitu bersih dan enak dipandang. Makanya nggak heran kalau desa ini memenangkan begitu banyak penghargaan.




8. Uniknya Kampung Janda di Bogor






Sekilas hampir nggak ada bedanya antara Kampung Janda dan juga desa-desa lainnya. Tapi, kalau kita perhatikan dengan detail nih, ada satu ciri khas unik yang dimiliki. Ya, apalagi kalau bukan rata-rata penduduknya yang mayoritas wanita dengan status janda. Menurut data yang ada di sini mayoritas penduduknya memang janda dengan prosentase 80 persen. Bahkan mereka yang menjanda juga nggak selalu tua. Ada yang masih belasan tapi sudah tak bersuami. Alasan kenapa banyak wanita menjanda di kampung ini adalah karena kecelakaan. Suami mereka meninggal ketika sedang bekerja.


9. Uniknya Desa Pembuat Keris Terbesar





Berkunjung ke Desa Aeng Tong Tong, Madura, kamu bakal merasakan nuansa seperti zaman Majapahit. Bukan, bukan karena ornamen desanya yang tua atau semacamnya, tapi di sini kita bisa menjumpai begitu banyak orang yang membuat keris. Ya, hampir sebagian besar penduduk desa Aeng Tong Tong adalah pengrajin keris yang sudah dimulai sejak dahulu sekali. Unik sekali tentu saja dan hanya bisa ditemui di Indonesia.




10. Bone Bone, Desa Tanpa Asap Rokok






Satu lagi desa unik di Indonesia yang sepertinya juga tak dijumpai di belahan bumi lain. Ya, desa ini bernama Bone Bone yang ciri khasnya adalah bebas asap rokok. Serius, desa ini memang benar-benar bebas rokok karena hampir sebagian besar masyarakatnya sudah tak lagi mengonsumsi rokok sejak satu dekade lalu. Memang sengaja pemerintah setempat memberlakukan peraturan ini dengan tujuan kesehatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Cara ini pun berhasil dan bisa kita lihat dari Bone Bone sekarang yang terlihat jauh lebih hidup dibanding belasan tahun lalu.



Inilah deretan desa-desa unik di Indonesia yang hampir mustahil kita jumpai di luar sana. Bangga dong tentu saja karena jadi satu-satunya di dunia. Tapi, kita juga jangan bangga-bangga doang nih, kunjungi juga sebagai sikap apresiasi. Turis manca saja sudah bolak balik berkunjung, masa kita yang dekat ini nggak melakukan hal yang sama sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Find Us On Facebook